Find us on PetaWisata.co.id Facebook PetaWisata.co.id Twitter PetaWisata.co.id Google+

Array

Array

Jejak Pecinan Di Ketandan dan Pajeksan Yogyakarta

pecinan ketandan yogyakarta

Pecinan Ketandan Yogyakarta. images courtesy © Flickriver


Kawasan Pecinan di Yogyakarta merupakan bagian dari sejarah panjang kota ini. Dua kawasan yang menjadi pusat kehidupan dan budaya Tionghoa adalah Ketandan dan Pajeksan yang berada di kawasan Malioboro. Sudah ada sejak akhir abad 19, kampung pecinan ini selalu ramai oleh denyut nadi bisnis serta interaksi sosial antar etnis.

Kampung Ketandan ada di sebelah utara Pasar Beringharjo. Jika dari arah Stasiun Tugu kampung ini bisa Anda masuki tepat di gang samping Ramayana. Kawasan pecinan Ketandan kini dipenuhi dengan ratusan toko emas yang sebagian besar memang dijalankan secara turun temurun. Tak heran jika memasuki kampung ini, hal pertama yang Anda lihat adalah toko-toko yang berjajar menambah semarak pasar Beringharjo yang berdiri bersisihan. Salah satu penanda utama kampung ini adalah bangunan semacam tugu kecil yang bertuliskan “wilayah RW. 04 Ketandan Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta”. Tugu ini berwarna merah dengan gambar inisial huruf “K” di bagian bawahnya.

Pada jaman Belanda, keberadaan etnis Tionghoa ini memang dibatasi. Namun berkat Sultan Hamengkubuwono II, mereka tetap diijinkan untuk bertahan di wilayah ini. Sayangnya, kini jejak bangunan tempo dulu sudah tak berbekas diganti dengan toko-toko yang menjadi denyut kehidupan mereka. Namun begitu Kampung Ketandan tetap menjadi bagian penting dari sejarah kota karena dibangun bersamaan dengan Pura Pakualaman.

Sejak tahun 1950an, Ketandan menggeliat menjadi pusat bisnis. Toko-toko emas nyaris menjadi pemandangan lazim kampung ini. Yang patut diacungi jempol adalah kehidupan mereka tetap eksis berdampingan dengan etnis yang lain serta pusat bisnis Malioboro yang menjadi jujugan wisata Yogyakarta.

Selain Ketandan, kehidupan etnis Tionghoa juga bisa kita temui di Pajeksan. Jika Ketandan berada di sebelah pasar beringharjo dan di belakang Ramayana, Pajeksan terletak di sisi seberang, tepatnya di belakang toko obat Sumber Husodo.

View Kampoeng Ketandan, Yogyakarta in a larger map

Kampung Pajeksan, Yogyakarta

Kampung Pajeksan, Yogyakarta

Posted by on Jun 7th, 2014 and filed under Yogyakarta. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry . Plagiarism check with Copysentry.

Related Topics


Leave a Reply

 


Advertisement


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner