Find us on PetaWisata.co.id Facebook PetaWisata.co.id Twitter PetaWisata.co.id Google+

Array

Array

Istana Ratu Boko: Mahakarya Agung Abad Ke-8 Yang Hilang

Istana Ratu Boko: Mahakarya Agung Abad Ke-8 Yang Hilang

Istana Ratu Boko: Mahakarya Agung Abad Ke-8 Yang Hilang.


Berbicara Yogyakarta, tidak akan pernah lepas ingatan kita akan Malioboro, keramaian para pelajar dan mahasiswa yang berasal dari hampir seluruh pelosok Indonesia dan bahkan pelajar dan mahasiswa asing. Tentang keagungan dan kebesaran Kerajaan Mataram, tentang Keraton Kasultanan dan tentang budaya Jawa-nya yang beraroma mistis. Salah satu sudut yang mampu membawa ke atmospher ini adalah sudut timur Yogyakarta, diantara barisan bukit kapur antara perbatasan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, Prambanan.

Prambanan tidak hanya dikenal dengan Candi Prambanannya saja, jika kita berkunjung ke Candi Prambanan ketika kita akan membeli tiket masuk ke Taman Wisata Candi Prambanan, kita akan di tawari sebuah tiket paket oleh pengelola Taman Wisata Candi Prambanan – Keraton Ratu Boko. Tiket paket wisata ini salah satunya menawarkan tiket terusan dengan Istana Ratu Boko yang berada ± 3 kilometer disebelah selatan Candi Prambanan, tidak perlu repot, kamu akan diantar menggunakan kendaraan yang memang sudah disiapkan.

Jika tiket masuk Taman Wisata Candi Prambanan saja seharga Rp. 30.000 untuk wisatawan domestik dewasa dan Rp. 12.000 bagi wisatawan domestik anak-anak dibawah 5 tahun, maka harga paket wisata Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko seharga Rp. 45.000 bagi wisatawan domestik dewasa dan Rp. 20.000 bagi wisatawan domestik anak-anak dibawah 5 tahun.

Ratu Boko Vehicle

Ratu Boko Long-Vehicle Transport. images courtesy ©Widhonno


Ratu Boko, sebuah mahakarya agung dari abad ke-8 yang merupakan sebuah komplek istana, satu-satunya yang memiliki arsitektural arkeologi yang memiliki campuran budaya Hindu dan Buddha.

Istana Ratu Boko adalah jejak peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8 masehi yang di gunakan oleh Dinasti Syailendra atau dikenal sebagai Rakai Panangkaran, era yang sangat jauh sebelum Raja Samaratungga yang dikenal sebagai pendiri Candi Borobudur dan Rakai Pikatan yang dikenal sebagai pendiri Candi Prambanan.

Istana Ratu Boko: Mahakarya Agung Abad Ke-8 Yang Hilang

Istana Ratu Boko: Mahakarya Agung Abad Ke-8 Yang Hilang. images courtesy ©Wego


Selain meninggalkan bukti sejarah berupa prasasti yang tersebar hampir di seluruh Jawa, Kerajaan Mataram Kuno juga membangun candi-candi yang bercorak Hindhu dan Buddha.

Keraton/Candi Ratu Boko

Petunjuk arah: Keraton/Candi Ratu Boko

Posted by on Jun 7th, 2014 and filed under Yogyakarta. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry . Plagiarism check with Copysentry.

Related Topics

Obyek Pariwisata Candi Prambanan

Obyek Pariwisata Candi Prambanan

Candi Prambanan yaitu bangunan mengagumkan cantik yang di bangun di era ke-10 pada saat pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan serta Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 mtr. lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini sudah penuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 km. dari pusat kota Yogyakarta, […]


Leave a Reply

 


Advertisement


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner