Find us on PetaWisata.co.id Facebook PetaWisata.co.id Twitter PetaWisata.co.id Google+

Array

Array

Kutai Kartanegara: Jelajah Budaya Titisan Imperium Manggala

Kutai Kartanegara: Jelajah Budaya Titisan Imperium Manggala

Kutai Kartanegara: Jelajah Budaya Titisan Imperium Manggala. images courtesy ©Barry Kusuma


Wilayah Kutai yang dikenal sebagai wilayah kaya sumber daya alam dan memiliki kelimpahan keindahan alam serta potensi kehidupan budaya komunitas etnis yang banyak beragam dan unik. Panorama hutan tropis dipotong sungai Mahakam dan anak sungainya, kehidupan unik suku Dayak, dan kebesaran Kerajaan Kutai, yang merupakan kelanjutan dari Kerajaan tertua di Indonesia, yang dapat dilihat dan dihargai dalam bidang ini. Selain atraksi budaya dan alam, panorama yang unik dari industri besar dan wisata kota di kota-kota besar di Pantai Timur Pulau Borneo, itu menarik untuk dinikmati. Di Kutai Kertanegara atau Tenggarong cukup banyak destinasi wisata baik alam dan budaya Kalimantan Timur.

Kamu bisa memulainya dari Balikpapan, kemudian melakukan perjalanan darat ke Kota Samarinda. Transportasi yang dapat digunakan adalah bus dan taksi. Ibukota Propinsi Kalimantan Timur ini dapat diakses perjalanan sekitar 2,5 jam, juga dapat dicapai menggunakan transportasi laut.

Museum Mulawarman

Museum Mulawarman

Museum Mulawarman. images courtesy ©Barry Kusuma


Bangunan Museum Mulawarman yang sekarang, dahulunya merupakan bekas Istana Kutai Kartanegara, kemudian dibangun kembali pada tahun 1936. Ini dapat dilihat dalam koleksi Museum benda-benda peninggalan sejarah yang cukup bervariasi dari Kerajaan Kutai Kartanegara, benda-benda budaya di wilayah Kutai, koleksi keramik kuno, koleksi koin kuno, dan banyak lagi. Mulawarman Museum adalah terletak di Jalan Diponegoro dan buka setiap hari (kecuali hari Senin) dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA.

Museum kayu
Museum kayu yang terletak di sekitar Waduk Panji Sukarame. Museum ini memiliki koleksi berbagai macam hasil hutan di Kalimantan.

Pulau Kumala
Pulau Kumala merupakan sebuah pulau kecil di tengah-tengah sungai Mahakam di Kota Tenggarong. Memiliki luas 76 hektar, pulau sekarang diproyeksikan untuk menjadi salah satu destinasi wisata utama Kota Tenggarong. Fasilitas lengkap dan dapat dinikmati oleh pengunjung adalah kereta api yang mengelilingi pulau, Sky Tower dimana kamu dapat menikmati pemandangan kota Tenggarong dari ketinggian 75 meter dan cable car atau kereta gantung yang digerakkan oleh kabel yang menghubungkan Pulau Kumala ke Tenggarong sisi seberang.

Berbagai macam fasilitas yang akan berkembang adalah arena permainan anak dan keluarga, Aquarium lumba-lumba Mahakam, rumah adat Dayak atau Lamin, hotel dan banyak lagi. Selain menggunakan kereta gantung, Pulau Kumala bisa diakses dengan kapal motor/ketinting yang tersedia di pelabuhan Kota Tenggarong.

Jembatan Kutai Kartanegara

Jembatan Kutai Kartanegara. images courtesy ©Barry Kusuma


Kutai Kartanegara dahulu pernah jembatan terpanjang di Indonesia, Jembatan Kutai Kartanegara, yang merupakan sebuah jembatan yang melewati sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia

Jembatan ini juga menuju ke Samarinda, atau sebaliknya, yang berjarak sekitar 30 menit. Melewati Jembatan Kutai Kartanegara pemandangan yang menarik dapat dilihat, sejauh satu pulau kecil yang memisahkan Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong di seberang Pulau Kumala pulau telah berubah menjadi sebuah kawasan wisata yang ramai dikunjungi banyak wisatawan.

Di wilayah jembatan tersebut terdapat jam Bentong yang merupakan tugu yang terdapat taman yang asri dan indah.

Petunjuk arah: Kutai Kartanegara

Petunjuk arah: Kutai Kartanegara.

Posted by on Jun 7th, 2014 and filed under Kalimantan Timur. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry . Plagiarism check with Copysentry.

Related Topics


Leave a Reply

 


Advertisement


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner